Minggu, 27 Oktober 2013
Beranda » » Cara Memasang Gadget di Blogger atau Blogspot

Cara Memasang Gadget di Blogger atau Blogspot

0 komentar
Cara Memasang Gadget di Blogger atau Blogspot sebenarnya cukup mudah namun tidak ada salahnya jika saya menuliskan kembali khusus untuk para blogger newbie yang baru mengenal dunia blogging dan ingin belajar tentang blog secara lebih dalam. Sebelumnya apa sih yang dimaksud dengan Gadget pada blog?, menurut saya gadget merupakan sekumpulan kode yang berfungsi sebagai piranti atau alat yang digunakan untuk menambah fungsi-fungsi tertentu pada sebuah web atau blog dan biasanya terpasang pada sidebar/samping blog, ada juga yang terpasang pada bagian header/atas blog atau pada bagian footer/atau bawah blog.
Gadget menurut fungsinya bisa digolongkan menjadi 2 jenis, yaitu gadget statis dan gadget dinamis.
Gadget statis adalah sekumpulan gadget yang sudah siap pakai atau cukup dipasang pada blog dan biasanya gadget ini disediakan oleh pihak ke tiga yang telah bekerjasama dengan blogger. Contoh gadget statis : gadget statistik pengunjung blog yang berfungsi sebagai piranti untuk mengetahui jumlah pengunjung suatu blog, gadget arsip yang berfungsi untuk mempermudah daftar artikel atau tulisan pada blog, gadget profil yang berfungsi sebagai piranti untuk mengetahui data penulis atau profil penulis blog, dan sebagainya.
Gadget dinamis adalah gadget yang biasanya digunakan untuk menampilkan kode-kode tertentu dan biasanya disebut sebagai gadget HTML/Java Script, jadi fungsinya sesuai dengan kode yang kita pasang pada gadget HTML/Java Script tersebut. Contoh : kita memasukkan kode komentar terbaru maka widget HTML?Java Script yang kita pasang pada web atau blog akan menampilkan daftar komentar terbaru yang ada pada web atau blog.

Langkah-langkah memasang gadget pada blogger atau blogspot :
Sebagai contoh saya akan memasang sebuah gadget "Profil" pada sidebar/samping blog saya.
1. Silahkan login pada akun blogger Anda di www.blogger.com


2. Selanjutnya pada dasblor blogger silahkan klik tanda panah dan pilih tata letak seperti gambar berikut

3. Pada halaman tata letak silahkan menuju pada bagian sidebar/samping, klik pada Tambahkan Gadget.

4. Setelah Anda klik Tambahkan Gadget maka selanjutnya akan muncul jendela Tambahkan Gadget, silahkan scroll ke bawah dan pilih gadget "Profil" dan klik tanda plus (+)

5. Terakhir akan muncul jendela "Mengonfigurasi Profil" silahkan klik Simpan. Maka gadget Profil sudah terpasang pada sidebar blog kita.


Tampilan blog sebelum ditambah gadged Profil :


Tampilan blog setelah ditambah gadged Profil :


Cukup mudah bukan ?, silahkan ulangi langkah diatas untuk memasang Gadget Blogger atau blogspot lainnya.

Tinggalkan Komentar